Sabtu, 29 Juni 2019

REGULASI E-COMMERCE, TRANSPORTASI ONLINE, DAN MONETISASI MEDSOS

Pada saat ini perkembangan teknologi telah masuk pada berbagai bidang kehidupan
manusia, diantaranya pada proses jual beli, pemesanan, pemasaran, dan lainnya. Hal
yang begitu signifikan adalah dengan semakin berkembangnya e-commerce,
angkutan online, dan monetasi beberapa media sosial seperti youtube, instagram
dan lainnya. Dengan bertambahnya pengguna mobile device (smart phone) dan
bermunculannya berbagai aplikasi pada smart phone, meningkatkan pengguna
smartphone untuk menggunakan aplikasi e-commerce, angkutan online, dan media
sosial. Hal ini memberi keuntungan bagi kedua belah pihak, karena pada dasarnya
aplikasi dibuat untuk memudahkan pengguna.

Namun, jika ditelaah lebih lanjut, pada saat ini belum ada aturan yang baku yang
mengatur e-commerce, angkutan online, ataupun proses monetasi melalui media
sosial. Hal ini awalnya tampak biasa saja, namun semakin berkembangnya aplikasi
online tersebut menimbulkan berbagai permasalahan seperti timbulnya rasa
ketidakadilan bagi para pengelola angkutan umum biasa dengan angkutan online
karena angkutan umum biasa diharuskan mengikuti aturan yang berlaku sedangkan
angkutan online belum memiliki regulasi yang diberlakukan. Selanjutnya pada
kegiatan e-commerce, sering terjadinya penipuan atas kegiatan jual beli, ataupun
kualitas barang yang tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan pada aplikasi e
commerce, selain itu juga pajak penghasilan untuk pengguna e-commerse belum
ditentukan. Pada saat sekarang bermunculan orang-orang kaya mendadak dengan
menjadi vlogger. Monetasi youtube telah banyak memunculkan orang-orang kaya
baru, namun apakah penghasilan mereka dikenakan pajak penghasilan. Sudahkah
ada aturannya saat kita menghasilkan uang melalui video-video yang diupload
melalui youtube?

Untuk lebih jelanya kita akan bahas satu persatu sistim kerja dari e-commerce, transportasi online, youtube dan media social lainnya yang bisa dimonetisasi

E-commerce
e-commerce adalah perdaganga yang dilakukan secara elektronik dalam kata lain secara online alias penjual dan pembeli tidak bertemu langsung melainkan melakukan transaksi melalui sebuah device atau perangkat baik itu smartphone atau pun computer, tentunya yang terhubung melalui internet.
Ada beberapa aplikasi yang mewadahi e-commerce seperti tokopedia, bukalapak, shopee, zalora, dan lain lain. Namun e-commerce pun biasa dilakukan melalui media social seperti facebook Instagram twitter dan lain lain dengan cara mereka memposting barang yang akan mereka jual di social media nya bahkan sudah banyak grup grup facebook yang husus untuk jual beli barang contohnya saja seperti grup facebook “Sukabumi Jual Beli” dan juga biasanya para pelaku e-commerce melakukan hal hal lain untuk mempromosikan barang dagangan nya seperti mengirim spam di e-mail mengirimkan bulletin melalui pesan singkat dan lain lain.
Hidup di zaman era modern sepeti ini memang sangat serba praktis semua nya dialkukan secara online selain mudah untuk membuka usaha dan lebih kecil dalam sisi modal perdagangan online ini juga merupakan sebuah bisnis menggiurkan tak terkecuali untuk anak muda khususnya bagi mahasiswa, banyak anak muda sukses di dunia e-commerce biasanya mereka membuka bisnis dropshipper atau reseller barang barang yang top brand dan ada juga yang membuka usaha black market atau pasar gelap yang menjual barang barang illegal hasil selundupan tanpa terkena pajak.
Saya sudah merangkum berbagai keuntungan dalam dunia e-commece
1.       Lebih praktis
Karena anda tidak harus ribet ribet membuka sebuah took untuk mendagangkan produk yang anda jual kalian cukup memposting sebuah produk yang ingin anda jual di media social atau pun di situs jua beli online.
2.       Modal yang diperlukan sedikit
Karena anda tidak usah membuka took yang tentunya menambah biaya seperti biaya bangunan atau sewa bangunan terlebh lai anda sebagai dropshipper tentu modal anda sedikit sekali hanya karena tidak harus men stok barang
3.       Lebih santai
karena anda bisa bekerja sambil tiduran dirumah atau pun sambil minum the ditemani keluarga    

disisi lain peedagangan online juga mempunyai dampak negative atau buruknya, berikut dampak negative e-commerce yang sudah saya rangkum

1.       Mudahnya melakukan tindak kejahatan
Karena sistim yang seamkin praktis maka tindak kejahatan pun semakin banyak dan semain canggih dalam dunia e-commerce sering terjadi penipuan baik berupa barang palsu atau pun hal hal lain yang merugikan konsumen. Disini konsuen dituntut untuk lebih selektif dalam memilih barang dan produsen yang menjual barang
2.       Tumbuhnya budaya malas
Zaman sekarang ibu ibu sudah malas pergi kepasar atau ke mall untuk membeli baju atau pun untuk iseng berbelanja, mereka lebih suka tiduran sambil menggeser geser layar handphone memilih milih barang yang ia suka di took online dan memesan barang tersebut melalui kurir pengiriman barang. Disisi lain praktis menjadi kelebihan namun disisi lain itu semua menurunkan budaya social
3.       Black market
Demi keuntungan yang lebih besar banyak para pelaku e-commerce melakukan hal hal yang extream melanggar peraturan, banyak barang yang masuk ke Indonesia tanpa melalui beacukai atau pajak, barang barang tersebut di selendupkan melalui kapal kapal di pelabuhan dan dijual dengan harga yang sedikit miring

Transportasi Online
Transportasi online adalah transportasi yang transaksik atau pemesanan nya dilakukan secara online mengunakan sebuah perangkat smartphone dengan wadah sebuah aplikasi. Ada banyak aplikasi transportasi online daintaranya adalah gojek, grab, uber, dan lain lain disini saya akan sedikit menjelasakan tentang aplikasi transportasi online asal Indonesia asli karya anak bangsa yaitu gojek

Gojek adalah transportasi online pertama karya anak bangsa yang diklasifikasikan sebagai sistem transportasi setelah menutup putaran pendanaan pada bulan Agustus 2016. Driver GO-JEK sekarang sudah melebihi 400.000 pengemudi itu semua termasuk sepeda motor, mobil dan truk.
Grab adalah transportasi online asal singapura. Tidak hanya melayani perjalanan penumpang, grab juga menyediakan jasa antar jemput barang, pesan antar makanan, dan lain lain.
Grab adalah yang sering di gnakan di asia tenggara termasuk di Indonesia dalam system lerjanya grab menggunkan dompet digital, karena grab yakin masyarakat d asia tenggara harus mendapat keuntungan dari ekonomi digital
Baru baru ini grab menyediakan layanan grab gerak sebuah solusi unik prtama kali yang diperkenalkan grab untuk penyandang disabilitas agar dapat lebih bisa melakukan aktivitas sehari hari
Uber adalah jaringan trnsportsai asal amerika tepat nya di san fransisco California yang menyediakan aplikasi penguhububg anatara driver dan penumpang seperti hal nya grab dan gojek selain itu uber juga menyediakan layanan sewa kendaraan dan layanan tumpangan. Uber ini mengatur layanan penjemputan di seluruh dunia. Uber di dirikan pada bulan maret tahun 2009.
Orang-orang di hampir 50 kota di Indonesia sekarang dapat menikmati perjalanan melalui transportasi online termasuk Bali, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bandung, Banjarmasin, Banyuwangi, Batam, Belitung, Bukittinggi, Cilacap, Cirebon, Garut, Gresik, Jakarta, Jambi, Jember, Karawang dan kota-kota lainnya diseluruh Indonesia

kelebihan transportasi online
banyak sekali kelebihan yang kita dapatkan jika menggunakan transportasi online diantaranya:
1.       Lebih praktis
Hanya dengan memesan lewat smartphone kita sudah bisa menggunakan transportasi online terlebih lagi kita bisa dijemput di tempat kita, baik itu dirumah atau pun dikampus.
2.       Harga yang pasti
Setelah kita menentukan dari mana kita berangkat dan kemana tujuan kita, kita sudah bisa mengetahui berapa biaya atau ongkos dalam perjalanan kita karena transportasi online menggunakan gps untuk menentukan berapa jarak tempuh nya
3.       Lebih aman
Keamanan transportasi online sangat terjamin karna driver transportasi online sudah dibekali pemblajaran atau pun materi agar penumpang bisa puas terhadap pelayanan dan keamanan dari transportasi online
4.       Jika anda adalah seorang pengemudi transportasi online tetntunya pengahsilan anda sangat jauh lebih besar di banding dengan transportasi konvensional, karena masyarkat sekarang jauh lebih senang menggunakan transportasi online di banding menggunakan transportasi konvensional biasa



Hukum Yang Mengatur Tentang Transportasi Online
Transportasi online sangat menguntungkan bagi kedua pihak baik provider maupun pengguna atau pun konsumen. Oleh karena itu tentu harus ada hokum yang mengatur tentang transportasi online
Sadar bahwa bisnis ini memiliki banyak kemungkinan untuk penyalahgunaan dan juga potensi manfaat utama, pemerintah Indonesia kurang memperhatikan pengaturan operasinya. Baru-baru ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan sebuah peraturan khusus sebagai kerangka hukumnya sehingga setiap pihak yang terlibat dalam bisnis ini memiliki perlindungan yang sesuai.
Untuk memberikan kepastian hukum di bidang ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 32 tahun 2016 tentang Pelayanan Umum Angkutan Tanpa Rute Tetap (“MOTR 32/2016”), yang mulai berlaku pada tanggal 28 September 2016.
Di bawah MOTR 32/2016, semua mode layanan angkutan umum penumpang tanpa rute tetap harus mendapatkan lisensi untuk menyediakan transportasi penumpang tanpa rute tetap (“Lisensi”) pemegang Lisensi yang harus menjadi perusahaan dalam bentuk badan hukum menurut hukum Indonesia Yang tak kalah pentingnya, pengemudi harus memiliki SIM Kendaraan Bermotor.

MONETISASI MEDIA SOSIAL
Menurut (fathirrizky, 2019) Monetisasi adalah merubah atau mengelola blog yang semula hanya sebagai ajang menulis dan berekspresi menjadi media untuk mencari uang intinya kata monetisasi dipakai untuk menyatakan bahwa blog milik kita digunakan untuk mencari uang atau lebih tepatnya mendapatkan pendapatan dari blog atau bisa juga sebagai sebuah cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun justru sebagai penghasilan utama dengan jalan menjadikan pasiv income pada sebuah broker atau dengan memasang iklan untuk mencari uang lewat internet.
Banyak sekali media social yang bisa di monetisasi salah satunya dan yang paling populer adalah youtube.

menurut (wikipedia, 2019) YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video ]Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan juga ada dalam situs ini.
Biasanya atau kebanyakan konten creator di youtube itu dilakukan oleh individu, mereka mengunggah video mereka dengan tujuan ada yang hanya sebagai hobi dan ada juga yang sebagai sebuah profesi karena penghsilan mereka murni dari youtube. Youtube memberikan kesempatan yang besar kepada seluruh konten kreatornya untuk berkaraya dan berinovasi seluas luasnya dan youtube juga memberikan bayaran yang besar bagi mereka yang cahnnel youtube nya sudah di monetisasi atau suda bisa menghasilkan uang, tapi tidak semua akun youtube bisa menghasilkan uang smua ada syarat dan ketentuannya


Syarat monetisasi youtube
Dalam dunia peryoutuban tidak semena mena kalian upload video langsung mendapatkan uang, tetntunya ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu agar channel youtube kalian dapat menghasilkan uang. Salah satu syarat nya dalah kalian harus mempuyai minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang barulah cahnnel youtube kalian dapat menghasilkan uang. Cara youtube memberi konten kreatornya penghasila dalah dengan cara memasang iklan pada video yang kita upload. Semakin banyak iklan yang muncul pada video kita maka uang yang kita dapat akan semakin banyak.
Oleh karena itu akhir akhir ini semakin banyak orang yang terjun ke dunia youtube karena peenghasilannya bisa dibilang lumayan dan sangat besar jika channel kita sudah menjadi channel yang besar seperti youtuber terkenal atta halilintar. Ria ricis, erpan1140, deddy corbuzier, dan banyak lagi youtuber sukses dan banyak duit di indonesia


Regulasi e-commerce, transportasi online, dan youtuber
Sekarang ini di Indonesia belum ada aturan yang mengatur tentang pajak penghasilan e-commerce, transportasi online, dan youtuber atau media social lain yang di monetisasi. Sehingga sering kali hal tersebut menjadi perbincangan dan perdebatan masyarakat. Seperti ojek online yang sering kali di demo oleh ojek pangkalan dan sopir angkot karena selain mengambil penumpang nya ojek online juga tidak terikat dengan aturan yang berlaku seperti pada angkot seperti harus bayar trayek dan lain lain. Oleh karena itu bekerja di dunia online sangat menguntungkan sekali karena pengahsilan besar namun tidak terkena pajak. Disini peran pemerintah di butuhkan untuk menjaga ke stabilan ekonomi karena tanpa adanya regulasi yang kokoh, e-commerce yang seahrusnya menjadi pilar penting penonggak perekonomian malah akan menjadi tombak penghancur perekonomian oleh karena itu regulasi diperlukan disini .
Hal yang harus dilakukan pemerintah
Saran saya sebagai seorang mahasiswa kepada pemerintah segera lah buat aturan mengenai masalah regulasi e-commerce, transportasi, dan monetisasi berbagai media social agar masalah seperti hal nya yang terjadi pada ojek online dan ojek pangkalan tidak terulang dan semakin membesar takutnya memicu perpeahan bangsa Indonesia. Sebagai warga negara yang baik tentunya kita ingin seluruh warga negara Indonesia hidup sejahtera tanpa harus menindas salah satu pihak atau merugikan salah satu pihak. Atau pemerintah bisa melakukan kebijakn lain yang tentunya dapat menyelesaikan masalah masalah diatas. Sudah saat nya pemerintah mengambil sikap dan menunjukan eksistensinya sebagai lembaga tinggi negara untuk segera membenahi perekonomian kita dengan memaksimalkan manfaat teknologi dan memberi batasan agar tidak terjadi hal hal buruk yang dapat merusak perekonomian negara Indonesia kita tercinta sehingga terciptanya sebuah sistim perekonomian yang stabil di berbagai kalangan tanpa saling menjatuhkan satu sama lain .

Demikian lah pembahasan mengenai  regulasi e-commerce, transportasi online, dan monetisasi media social yang sudah saya susun sedemikian rupa, mohon maaf bila masih banyak kesalahan

Sumber :
(wikipedia, 2019)https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube

cek plagiarism turnitin

Senin, 29 April 2019

Apa itu IT Forensik

Apa Itu IT Forensik?
IT Forensik adalah ilmu yang berhubungan dengan kumpulan fakta dan bukti pelanggaran kemanan dari suatu sistem informasi serta kebenarannya menurut metode yang digunakan (metode sebab-akibat). Setelah fakta-fakta tersebut di verifikasi akan menjadi bukti yang akan digunakan dalam proses selanjutnya. Tidak hanya itu, kegiatan/pekerjaan ini dibutuhkan keahlian dalam bidang IT (hacking) dan alat bantu (software dan hardware yang berhubungan dengan IT Forensik). Tujuan utama dari IT Forensik adalah untuk mengamankan dan menganalisa bukti-bukti digital.
Berikut 5 software yang dapat membantu Kegiatan IT Forensik :
1. Forensic Toolkit


Forensic Toolkit, atau FTK, adalah perangkat lunak forensik komputer yang dikembangkan oleh AccessData. Aplikasi ini memindai harddisk untuk mencari berbagai informasi yang tersembunyi ataupun yang di hapus.
Beberapa kelebihan Forensic Toolkit (FTK) :
  • Cepat dan stabil
  • Pencarian yang cepat
  • Didukung dengan database yang terpusat
  • Visualisasi data yang canggih untuk menyoroti  hubungan dan pola
  • Belajar lebih cepat dengan GUI yang mudah digunakan

https://accessdata.com/images/made/assets/images/misc-content/AD_Lab_6.2_Email_Visualization__770_416.jpg

Anda dapat mendownload melalui laman resmi nya disini.
2. Wireshark


Wireshark adalah perangkat lunak yang berguna untuk menganalisa suatu paket/data yang di kirim melalu jarigan, analisa dari wireshark ini akan menampilkan setiap paket/data secara detail. Fitur utamanya adalah mampu menangkap paket/data dalam jaringan waktu nyata, dan dapat menyimpan paket yang di letakan pada Graphical User Interface (GUI) yang sangat jelas. Administrator jaringan bisa menggunakan Wireshark untuk mengidentifikasi dan memcahkan masalah di seluruh jaringan dengan mencari melalui paket.
Kelebihan dari Wireshark antara lain :
  • Gratis
  • Tersedia untuk beberapa platform – Windows & UNIX
  • Dapat melihat informasi terperinci tentang paket-paket dalam jaringan
  • Tidak berpemilik dapat digunakan pada banyak vendor tidak seperti Cisco Prime
Kekurangan menggunakan Wireshark :
  • Jika ada gangguan jaringan akan mengganggu notifikasi.
  • Tidak dapat mengirim informasi, hanya dapat mengumpulkan informasi dari jaringan.

https://aaimagestore.s3.amazonaws.com/july2017/0011091.003.png

Anda dapat mendownoad melalui laman resmi nya disini.
3. Exiftool


Exiftool adalah perangkat lunak open source untuk memanipulasi, memperbaharui, membaca, dan menulis metadata file media. Exiftool dikembangkan oleh Phill Harvey, Exiftool ini adalah program yang independen terhadap platform dan dapat digunakan dalam sejum pekerjaan digital. Tersedia sebagai perpustakaan bahasa pemrograman Perl serta aplikasi baris perintah. Exiftool sangat fleksibel dan kompatiel dengan banyaknya koleksi jenis file.

https://hvdwolf.github.io/pyExifToolGUI/images/05-pyexiftoolgui_saving_to_multiple_photos.jpg

Keunggulan dari Exiftool sendiri adalah mendukung banyaknya jenis file, anda bisa melihat jenis file apa saja yang di dukung oleh Exiftool, dan mendownload Exiftool di laman resmi nya disini.
4. Hex and Disk editor (HxD)

HxD adalah hex editor, disk editor dan memory editor yang di kembangkan oleh Maël Hörz untuk platform Windows. HxD mampu menangani file dari berbagai ukuran, user interface yang mudah digunakan juga menawarkan fitur-fitur seperti searching dan replacing, ekspor, checksum, penyisian pola byte, penghancur file, penggabungan atau pemisahan file, statistik dan masih banyak lagi.

https://mh-nexus.de/en/graphics/HxDShotLarge.png

Anda dapat mendownload nya melalu laman resmi nya disini.
5. Autopsy dan The Sleuth Kit

Autopsy adalah program berbasis Graphical User Interface (GUI) yang mudah digunakan yang memungikinkan Anda menganalisa Harddisk dan Smartphone secara efisien. Memiliki desain plug-in yang memungkinkan Anda untuk menemukan modul tambahan atau mengembangkan modul khusus dalam Java atau Python.

The Sleuth Kit adalah kumpulan alat baris perintah dan pustaha C yang memungkikan anda untuk menganalisa Disk images dan memulihan file. Digunakan di belakang layar dalam Autopsy.
Anda dapat mendownload nya disini.

Berikut 3 hardware ang membantu kegiatan IT Forensik :
1. Forensic Workstation
Forensic Workstation adalah platform forensik berkinerja tinggi dan bernilai tinggi untuk semua penyelidik forensik profesional.
2. Forensic disk controller atau hardware write-block device

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f0/Disk_image_tools.jpg

forensic disk controller atau hardware write-block device adalah jenis khusus  pengontrol hard disk komputer yang dibuat untuk tujuan mendapatkan akses read-only ke harddisk komputer tanpa risiko merusak file yang ada di dalam harddisk.
3. Hard Disk IDE
4. Hub

https://ahmaddaffaalghifari.files.wordpress.com/2019/04/67539-012bhub.png

5. RAM

https://content.crucial.com/content/dam/crucial/dram-products/mac/images/product/crucial-ddr4-rdimm-mac-8gb-based-16gb-dual-rank-x8-kit4-image.psd.transform/large-png/img.png

Berikut 3 contoh software Anti Forensik :
1. TrueCrypt


TrueCrypt adalah program open source yang berfungsi untuk mengenkripsi data dengan menggunakan suatu algoritma tertentu.
Anda dapat mendownload nya disini.
2. Invisible Secret 2.1
merupakan tool yang digunkan untuk melakukan steganografi. Dengan menggunkan tool ini bisa menyisipkan pesan kedalam suatu file.
Anda dapat membeli melalui laman resmi nya disini.
3. TOR ( The Onion Router )


TOR ( The Onion Router ) adalah server yang membuat pengguna menjadi anonim dalam internet.
Anda dapat mendownoad melalui laman resmi nya disini.

Sumber dan Referensi :

Senin, 25 Maret 2019

Kode Etik dan Kebijakan Penegakan Prilaku Profesional ACM


Apa itu ACM ?

ACM, singkatan dari Association for Computing Machinery (Asosiasi untuk Permesinan Komputer), adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan komputer pertama di dunia yang didirikan pada tahun 1947 atau hanya satu tahun setelah dibangunnya ENIAC oleh matematikawan dan insinyur teknik elektro untuk memajukan ilmu dan aplikasi teknologi informasi. Salah satu penemu ENIAC, John Mauchly adalah salah satu pendiri ACM. Anggota ACM sekitar 78.000 terdiri dari para profesional dan para pelajar yang tertarik akan komputer. Dia bermarkas besar di Kota New York.

1.     PRINSIP ETIS UMUM

1.1 Berkontribusi pada masyarakat dan kesejahteraan manusia.
Prinsip ini mengenai kualitas hidup manusia yang menegaskan kewajiban para profesional komputasi dalam menjaga setiap hak asasi masing-masing individu maupun kelompok untuk kepentingan masyarakat, anggotanya, dan lingkungan di sekitar mereka. Kewajiban ini termasuk melindungi hak asasi manusia yang mendasar serta menghormati setiap keragaman budaya dengan mempromosikannya. Tujuan penting dari para profesional komputasi adalah untuk meminimalisir konsekuensi yang dihasilkan dari komputasi termasuk ancaman dalam keamanan pribadi, kesehatan, keselamatan, dan privasi.
Para profesional komputasi saat merancang dan menerapkan sistem, harus mempertimbangkan bahwa hasil produk dari usaha mereka tersebut dapat dipertanggungjawabkan dan juga memenuhi kebutuhan sosial. Mereka didorong untuk ikut berkontribusi secara aktif kepada masyarakat dengan terlibat pada kegiatan sukarela yang berdampak baik bagi publik.
Selain lingkungan yang aman, kesejahteraan manusia pun dituntut untuk aman, dan disinilah peran para profesional komputasi, mereka dapat mempromosikan kelestarian lingkungan dan budaya baik secara lokal bahkan global.
1.2 Hindari “Bahaya”.
Bahaya disini dimaksudkan dalam konteks konsekuensi negatif, terutama konsekuensi yang penting dan bersifat tidak adil. Beberapa contoh diantaranya, cedera fisik dan mental, perusakan atau pengungkapan informasi, dan juga kerusakan yang tidak dapat dibenarkan atas properti, reputasi, dan lingkungan.
Tindakan yang bermaksud baik, termasuk menjalankan tugas yang diberikan, jika tidak cermat, itupun dapat meyebabkan bahaya secara tidak terduga. Ketika kerusakan tidak disengaja, maka si orang yang melakukannya berkewajiban membatalkan atau mengurangi konsekuensi negatif yang terjadi sebesar mungkin. Menghindari bahaya dapat dimulai dengan pertimbangan yang cermat terhadap semua yang dilakukan, dan mengetahui dampak dari hal tersebut secara pasti. Dalam semua kasus, pastikan semua konsekuensi negatif diminimalisir, dengan itu para profesional komputasi harus mengikuti uji sistem yang secara standar sudah ditetapkan.
Seorang profesional komputasi memiliki kewajiban tambahan untuk melaporkan tanda-tanda risiko sistem yang dapat mengakibatkan bahaya. Namun, pelaporan yang berubah-ubah dan salah arah bisa juga menyebabkan bahaya lainnya. Maka sebelum adanya pelaporan, seorang profesional komputasi harus hati-hati dalam menilai aspek situasi yang relevan.
1.3 Jujur dan dapat dipercaya.
Kejujuran merupakan komponen penting dari kepercayaan. Seorang profesional komputasi seharusnya transparan dan memberikan pengungkapan penuh terhadap sistem yang terkait, baik keterbatasan, juga potensi masalah. Membuat klaim yang sengaja disalahkan atau menyesatkan, memalsukan data, menawarkan atau menerima suap, dan perilaku tidak jujur lainnya adalah merupakan pelanggaran pedoman kode etik.
Para profesional komputasi harus berterus terang terhadap keadaan apapun yang mengarah kepada konflik yang mungkin terjadi kedepannya. Profesional komputasi tidak boleh salah menggambarkan kebijakan atau prosedur organisasi, dan tidak boleh berbicara atas nama organisasi kecuali diberi wewenang untuk melakukannya.
1.4 Bersikap Adil dan tidak bersikap diskriminatif.
Nilai-nilai kesetaraan, toleransi, menghargai orang lain, dan keadilan diatur dalam prinsip ini. Para profesional komputer harus mendorong partisipasi yang adil dari semua orang, termasuk mereka yang berasal dari kelompok minoritas yang kurang terwakili.
Diskriminasi berdasarkan usia, warna kulit, kecacatan, etnis, status keluarga, gender, kebangsaan, ras atau faktor tidak pantas lainnya merupakan pelanggaran eksplisit terhadap kode etik. Para profesional komputasi harus mengambil tindakan untuk menghindari penciptaan sistem atau teknologi yang menghilangkan hak atau menindas orang.
1.5 Menghargai hak cipta.
Mengembangkan ide-ide baru, penemuan, karya kreatif, dan komputasi artefak, menciptakan nilai bagi masyarakat. Dan mereka yang mengeluarkan upaya ini harus mendapatkan nilai dari karya mereka tersebut. Profesional komputasi karena itu harus menghargai pembuat ide, penemuan, karya, dan artefak, dan menghormati hak cipta, paten, rahasia dagang, perjanjian lisensi, dan metode lain untuk melindungi karya pembuatnya.
Para profesional komputer tidak boleh mengklaim kepemilikan pribadi atas pekerjaan yang telah mereka atau orang lain bagikan sebagai sumber daya publik.
1.6 Hargai Privasi.
Teknologi memungkinkan pengumpulan, pemantauan, dan pertukaran informasi pribadi dengan cepat, murah, dan seringkali tanpa sepengetahuan orang yang terkena dampak. Oleh karena itu, seorang profesional komputasi harus memahami hak dan tanggung jawab yang terkait dengan pengumpulan dan penggunaan informasi pribadi.
Para profesional komputasi hanya boleh menggunakan informasi pribadi untuk tujuan yang sah dan tanpa melanggar hak-hak individu dan kelompok. Ini membutuhkan tindakan pencegahan untuk mencegah identifikasi ulang data anonim atau pengumpulan data yang tidak sah, memastikan keakuratan data, memahami asal-usul data, dan melindunginya dari akses yang tidak sah dan pengungkapan yang tidak disengaja.
Para profesional komputasi harus menetapkan kebijakan dan prosedur transparan yang memungkinkan individu untuk memahami data apa yang sedang dikumpulkan dan bagaimana data itu digunakan, untuk memberikan persetujuan dalam pengumpulan data otomatis, dan untuk meninjau, memperoleh, memperbaiki ketidakakuratan, dan menghapus data pribadi mereka. Informasi pribadi yang dikumpulkan untuk tujuan tertentu tidak boleh digunakan untuk tujuan lain tanpa persetujuan orang tersebut.
1.7 Hormati Kerahasiaan.
Para profesional komputasi sering kali dipercayakan dengan informasi rahasia seperti rahasia dagang, data klien, strategi bisnis nonpublik, informasi keuangan, data penelitian, artikel ilmiah pra-publikasi, dan aplikasi paten. Profesional komputasi harus melindungi kerahasiaan kecuali dalam kasus-kasus di mana bukti pelanggaran hukum, peraturan organisasi, atau kode etik. Dalam kasus ini, sifat atau isi dari informasi tersebut tidak boleh diungkapkan kecuali kepada pihak yang berwenang. Seorang profesional komputasi harus mempertimbangkan dengan seksama apakah pengungkapan seperti itu konsisten dengan kode etik atau tidak.
2.     TANGGUNG JAWAB PROFESIONAL
Seorang profesional komputasi harus...
2.1 Berusaha keras untuk mencapai kualitas tinggi baik dalam proses maupun produk dari pekerjaan profesional.
Para profesional komputasi harus menuntut dan mendukung pekerjaan berkualitas tinggi dari diri mereka sendiri dan dari rekan kerja. Martabat pengusaha, karyawan, kolega, klien, pengguna, dan siapa pun yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung oleh pekerjaan harus dihormati selama proses berlangsung. Mereka juga harus berusaha untuk mencapai kualitas dan menyadari konsekuensi negatif yang akan muncul akibat dari kualitas yang buruk dari suatu sistem.
2.2 Pertahankan standar tinggi kompetensi profesional, perilaku, dan praktik etis.
Komputasi berkualitas tinggi tergantung pada individu dan tim yang mengambil tanggung jawab pribadi dan kelompok untuk memperoleh dan mempertahankan kompetensi profesional. Kompetensi profesional dimulai dengan pengetahuan teknis dan dengan kesadaran akan konteks sosial di mana pekerjaan mereka dapat digunakan. Kompetensi profesional juga membutuhkan keterampilan dalam komunikasi, dalam analisis reflektif, dan dalam mengenali dan menavigasi tantangan etika. Peningkatan keahlian merupakan proses yang berkelanjutan, bisa melalui pendidikan formal, pendidikan non-formal, seminar, dan sebagainya. Organisasi dan pengusaha profesional harus mendorong dan memfasilitasi kegiatan ini.
2.3 Mengetahui dan menghormati aturan yang terkait dengan pekerjaan profesional.
Aturan di sini termasuk hukum dan peraturan lokal, regional, nasional, dan internasional, serta kebijakan dan prosedur organisasi mana pun yang dimiliki oleh profesional. Profesional komputasi harus mematuhi aturan-aturan ini kecuali ada pembenaran etis yang meyakinkan untuk melakukan sebaliknya. Aturan yang dinilai tidak etis harus ditentang. Suatu aturan mungkin tidak etis ketika memiliki dasar moral yang tidak memadai atau juga menyebabkan kerugian. Seorang profesional komputasi yang memutuskan untuk melanggar aturan karena tidak etis, atau karena alasan lain, harus mempertimbangkan konsekuensi dan menerima tanggung jawab atas tindakannya itu.
2.4 Menerima dan memberikan ulasan profesional yang sesuai.
Pekerjaan profesional berkualitas tinggi dalam komputasi tergantung pada tinjauan profesional di semua tahap. Profesional komputasi harus mencari dan memanfaatkan tinjauan rekan dan pemangku kepentingan. Profesional komputasi juga harus memberikan ulasan konstruktif dan kritis dari karya orang lain.
2.5 Berikan evaluasi yang komprehensif dan menyeluruh terhadap sistem komputer dan dampaknya, termasuk analisis risiko yang mungkin terjadi.
Profesional komputasi berada dalam posisi yang dipercaya, dan karenanya memiliki tanggung jawab khusus untuk memberikan evaluasi dan kesaksian yang obyektif dan kredibel kepada pengusaha, karyawan, klien, pengguna, dan masyarakat. Para profesional komputasi harus berusaha untuk menjadi tanggap, teliti, dan objektif ketika mengevaluasi, merekomendasikan, dan menyajikan deskripsi dan alternatif sistem.
2.6 Lakukan pekerjaan hanya di bidang kompetensi.
Seorang profesional komputasi bertanggung jawab untuk mengevaluasi penugasan kerja potensial. Ini termasuk mengevaluasi kelayakan pekerja, apakah penugasan pekerjaan berada dalam kompetensinya atau bukan. Jika suatu saat sebelum atau selama penugasan pekerjaan, profesional mengidentifikasi kurangnya keahlian yang diperlukan, mereka harus mengungkapkan hal ini kepada pemberi kerja atau klien. Klien atau pemberi kerja dapat memutuskan untuk melanjutkan penugasan dengan profesional setelah waktu tambahan untuk memperoleh kompetensi yang diperlukan, untuk mengejar penugasan dengan orang lain yang memiliki keahlian yang diperlukan, atau untuk melepaskan penugasan tersebut. Pertimbangan etis profesional komputasi harus menjadi panduan terakhir dalam memutuskan apakah akan mengerjakan pekerjaan tersebut.
2.7 Menumbuhkan kesadaran publik dan pemahaman tentang komputasi, teknologi terkait, dan konsekuensinya.
Sesuai dengan konteks dan kemampuan seseorang, profesional komputasi harus berbagi pengetahuan teknis dengan publik, menumbuhkan kesadaran komputasi, dan mendorong pemahaman komputasi. Komunikasi dengan publik harus jelas, hormat, dan ramah. Masalah-masalah penting termasuk dampak sistem komputer, keterbatasannya, kerentanannya, dan peluang yang mereka hadirkan. Selain itu, seorang profesional komputasi harus dengan hormat menangani informasi yang tidak akurat atau menyesatkan yang terkait dengan komputasi.
2.8 Mengakses sumber daya komputasi dan komunikasi hanya jika diizinkan atau ketika dipaksa oleh publik.
Individu dan organisasi memiliki hak untuk membatasi akses ke sistem dan data mereka selama pembatasan tersebut konsisten dengan prinsip-prinsip lain dalam kode etik. Konsekuensinya, profesional komputasi tidak boleh mengakses sistem komputer, perangkat lunak, atau data orang lain tanpa keyakinan yang masuk akal. Suatu sistem yang dapat diakses secara publik bukanlah alasan yang cukup untuk menyiratkan otorisasi.
2.9 Desain dan implementasi sistem yang kuat dan dapat digunakan dengan aman.
Pelanggaran keamanan komputer menyebabkan kerusakan. Keamanan yang kuat harus menjadi pertimbangan utama saat merancang dan mengimplementasikan sistem. Para profesional komputasi harus melakukan uji tuntas untuk memastikan fungsi sistem sebagaimana dimaksud, dan mengambil tindakan yang sesuai untuk mengamankan sumber daya terhadap penyalahgunaan, modifikasi, dan penolakan layanan yang disengaja dan tidak disengaja. Karena ancaman dapat muncul dan berubah setelah sistem dikerahkan, profesional komputasi harus mengintegrasikan teknik dan kebijakan mitigasi, seperti pemantauan, penambalan, dan pelaporan kerentanan.
Untuk memastikan sistem mencapai tujuan yang diinginkan, fitur keamanan harus dirancang sedemikian intuitif dan mudah digunakan. Profesional komputasi harus menghindari tindakan pencegahan keamanan yang terlalu membingungkan, tidak sesuai dengan situasi, atau menghambat penggunaa.
Dalam kasus di mana penyalahgunaan atau kerusakan dapat diprediksi atau tidak dapat dihindari, opsi terbaik adalah tidak menerapkan sistem.
3.     PRINSIP KEPEMIMPINAN PROFESIONAL
Kepemimpinan dapat berupa penunjukan formal atau muncul secara informal dari pengaruh terhadap orang lain. Di bagian ini, "pemimpin" berarti setiap anggota organisasi atau kelompok yang memiliki pengaruh, tanggung jawab pendidikan, atau tanggung jawab manajerial.Sementara prinsip-prinsip ini berlaku untuk semua profesional komputasi, para pemimpin memikul tanggung jawab yang tinggi untuk menjunjung tinggi dan mempromosikannya, baik di dalam maupun melalui organisasi mereka.
Seorang profesional komputasi, terutama yang bertindak sebagai pemimpin, harus...
3.1 Memastikan bahwa barang publik adalah perhatian utama selama semua pekerjaan komputasi profesional.
Orang — termasuk pengguna, pelanggan, kolega, dan orang lain yang terkena dampak langsung atau tidak langsung — harus selalu menjadi perhatian utama dalam komputasi. Barang publik harus selalu menjadi pertimbangan eksplisit ketika mengevaluasi tugas-tugas yang terkait dengan penelitian, analisis persyaratan, desain, implementasi, pengujian, validasi, penyebaran, pemeliharaan, pensiun, dan pembuangan.
Profesional komputasi harus menjaga fokus ini tidak peduli metodologi atau teknik apa yang mereka gunakan dalam praktik mereka.
3.2 Mengartikulasikan, mendorong penerimaan, dan mengevaluasi pemenuhan tanggung jawab sosial oleh anggota organisasi atau kelompok.
Organisasi dan kelompok teknis mempengaruhi masyarakat yang lebih luas, dan para pemimpin mereka harus menerima tanggung jawab yang terkait. Organisasi — melalui prosedur dan sikap yang berorientasi pada kualitas, transparansi, dan kesejahteraan masyarakat — mengurangi bahaya bagi publik dan meningkatkan kesadaran akan pengaruh teknologi dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, para pemimpin harus mendorong partisipasi penuh dari para profesional komputasi dalam memenuhi tanggung jawab sosial yang relevan dan mencegah kecenderungan untuk melakukan sebaliknya.
3.3 Mengelola personel dan sumber daya untuk meningkatkan kualitas kehidupan kerja.
Para pemimpin harus memastikan bahwa mereka meningkatkan, bukan menurunkan, kualitas kehidupan kerja. Para pemimpin harus mempertimbangkan pengembangan pribadi dan profesional, persyaratan aksesibilitas, keselamatan fisik, kesejahteraan psikologis, dan martabat manusia semua pekerja. Standar ergonomis manusia-komputer yang sesuai harus digunakan di tempat kerja.
3.4 Mengartikulasikan, menerapkan, dan mendukung kebijakan dan proses yang mencerminkan prinsip-prinsip kode etis.
Para pemimpin harus mengupayakan kebijakan organisasi yang jelas yang konsisten dengan kode etis dan secara efektif mengkomunikasikannya kepada pemangku kepentingan terkait. Selain itu, para pemimpin harus mendorong dan menghargai kepatuhan dengan kebijakan-kebijakan itu, dan mengambil tindakan yang tepat ketika kebijakan dilanggar.
3.5 Menciptakan peluang bagi anggota organisasi atau kelompok untuk tumbuh sebagai profesional.
Peluang pendidikan sangat penting untuk semua anggota organisasi dan kelompok. Para pemimpin harus memastikan bahwa peluang tersedia bagi para profesional komputasi untuk membantu mereka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam profesionalisme, dalam praktik etika, dan dalam spesialisasi teknis mereka. Peluang ini harus mencakup pengalaman yang membiasakan para profesional komputasi dengan konsekuensi dan keterbatasan jenis sistem tertentu.
3.6 Berhati-hatilah saat memodifikasi atau menghentikan sistem.
Perubahan antarmuka, penghapusan fitur, dan bahkan pembaruan perangkat lunak berdampak pada produktivitas pengguna dan kualitas pekerjaan mereka. Para pemimpin harus berhati-hati ketika mengubah atau menghentikan dukungan untuk fitur-fitur sistem di mana orang masih bergantung. Para profesional komputer harus membantu pengguna sistem dalam memantau kelayakan operasional sistem komputasi mereka, dan membantu mereka memahami bahwa penggantian tepat waktu dari fitur yang tidak sesuai atau usang atau seluruh sistem mungkin diperlukan.
3.7 Mengenali dan merawat secara khusus sistem yang terintegrasi ke dalam infrastruktur masyarakat.
Bahkan sistem komputer yang paling sederhana memiliki potensi untuk mempengaruhi semua aspek masyarakat ketika diintegrasikan dengan kegiatan sehari-hari seperti perdagangan, perjalanan, pemerintahan, perawatan kesehatan, dan pendidikan. Ketika organisasi dan kelompok mengembangkan sistem yang menjadi bagian penting dari infrastruktur masyarakat, para pemimpin mereka memiliki tanggung jawab tambahan untuk menjadi pengurus yang baik dari sistem ini. Pemantauan terus menerus tentang bagaimana masyarakat menggunakan sistem akan memungkinkan organisasi atau kelompok untuk tetap konsisten dengan kewajiban mereka yang dijabarkan dalam kode etis ini. Ketika standar perawatan yang sesuai tidak ada, profesional komputasi memiliki tugas untuk memastikan mereka dikembangkan.
4.     KEPATUHAN DENGAN KODE ETIK
Seorang profesional komputasi harus...
4.1 Menjunjung tinggi, mempromosikan, dan menghormati prinsip-prinsip kode etik.
Masa depan komputasi tergantung pada keunggulan teknis dan etika. Para profesional komputer harus mematuhi prinsip-prinsip kode etis ini dan berkontribusi untuk meningkatkannya. Para profesional komputer yang mengakui pelanggaran pedoman kode etis harus mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah etika yang mereka akui, termasuk, jika masuk akal, mengungkapkan kekhawatiran mereka kepada orang atau orang yang dianggap melanggar pedoman.
4.2 Menangani pelanggaran kode etik sebagai tidak konsisten dengan keanggotaan dalam ACM.
Setiap anggota ACM harus mendorong dan mendukung kepatuhan oleh semua profesional komputasi terlepas dari keanggotaan ACM. Anggota ACM yang mengakui pelanggaran kode etik harus mempertimbangkan melaporkan pelanggaran terhadap ACM, yang dapat mengakibatkan tindakan perbaikan sebagaimana ditentukan dalam Kode Etik dan Kebijakan Penegakan Perilaku Profesional ACM

Sumber:


https://www.coursehero.com/file/p1rvnr8/Kode-Etik-Association-for-Computing-Machinery-yand-didirikan-pada-tahun-1947/













KECERDASAN BUATAN

Dalam bahasan kecerdasan buatan sebuah software/ hardware disebut cerdas jika memiliki kemampuan untuk searching, reasoning, planning dan le...